Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

[ REVIEW ] Hotarubi no Mori e ' Kisah Penuh Haru Hotaru dan Gin ' Siapkan Tisu...

Hotarubi no Mori e
Cr. Brain base


Gara-gara kemarin habis nonton anime movie Bubble, jadi inget film favoriteku yang bikin susah move on, Hotarubi no Mori e. Walaupun sudah berkali-kali ditonton ulang, kisah Gin dan Hotaru ini selalu sukses bikin mataku sembab.

Hotarubi no Mori e merupakan anime lawas yang tayang pertama kali pada tahun 2011 lalu. Anime yang digarap oleh studio Brain Base ini begitu populer karena keunikan dan cara penyampaian ceritanya yang menyentuh hingga membuat anime ini disukai banyak orang. Dengan rating myanimelist 8.3, sudah dipastikan Hotarubi no mori e mempunyai bisa membuat penonton puas.

Hotarubi no Morie e hanya berdurasi 45 menit saja. Namun, alur cerita yang dibawakan selama 45 menit itu dapat tersampaikan dengan baik ke hati para penonton.

Siapkan tisu jika ingin nonton anime ini ya ...

Sinopsis Hotarubi no Mori e

Hotaru selalu menghabiskan setiap liburan musim panas di desa tempat tinggal pamannya sejak usianya enam tahun. Suatu hari, ia tersesat di hutan dan diselamatkan oleh seorang yokai berwujud manusia, Gin. Alih-alih merasa takut, Hotaru malah tampak senang bertemu dengan Gin. Dikarenakan Gin sosok yokai yang baik, berwajah tampan dan jauh dari kata seram. 

Gin selalu memakai topeng rubah, tapi tidak ada alasan khusus kenapa dia selalu memakai topeng itu. Menurut Gin, jika ia tidak memakai topeng rubah, ia tidak tampak seperti yokai. Hotaru pernah meminta pada Gin untuk sesekali melepas topeng itu jika ia sedang bersamanya. Gin-pun menurutinya.

Sejak pertemuan pertama mereka, Gin dan Hotaru memulai sebuah pertemanan. Akan tetapi ada satu pantangan yang tidak boleh dilanggar oleh Gin yaitu, ia dilarang bersentuhan dengan manusia jika tidak ingin menghilang. Hotaru berkali-kali diingatkan oleh makhluk halus dewa gunung dan teman-temannya, bahwa ia tidak boleh menyentuh Gin. Hotaru-pun memegang janjinya. Ia meminta pada Gin, apapun yang akan terjadi padanya, jangan sampai Gin menyentuh dia walaupun demi menolongnya.

Setiap tahun saat liburan musim panas tiba, adalah saat yang dinanti oleh Gin dan Hotaru sebab mereka bisa menghabiskan waktu bersama. Karena Gin adalah seorang yokai, pertumbuhannya lebih lambat daripada Hotaru. Namun, itu tidak menjadi hambatan dalam persahabatan mereka.

Semakin bergulirnya waktu, kedekatan Gin dan Hotaru tampak pasti berubah menjadi ketertarikan. Selama Hotaru tidak bisa bertemu Gin, ia sangat merindukannya. Bahkan, Hotaru mempunyai hasrat ingin menyentuh Gin.

Ketika Hotaru sudah menginjak SMA. Ia bercita-cita untuk mencari pekerjaan di kota tempat tinggal pamannya agar ia bisa bertemu Gin setiap hari. Ia mengatakan hal itu pada Gin. Namun Gin meminta agar Hotaru melupakannya. Gin tidak sanggup jika harus menunggu sampai musim panas berikutnya untuk bertemu dengan Hotaru. Dia juga tidak tahu sampai kapan ia bisa tinggal di dunia manusia mengingat suatu saat ia akan menghilang karena sentuhan seseorang. Dengan bijak Hotaru menjawab kegelisahan Gin, " sampai saat itu tiba, biarlah kita tetap seperti ini, selalu bersama dan jangan lupakan aku "  Ternyata keduanya mempunyai perasaan yang sama, saling merindukan dan membutuhkan.


Hotarubi no Mori e
Cr. Brain Base


Review Hotarubi no Mori e yang Penuh Haru

Entah sudah berapa kali aku nonton anime ini. Berkali-kali itu juga aku merasa sesak di sepanjang film berlangsung sampai meninggalkan perasaan campur aduk yang tidak bisa dijelaskan setelahnya.

Anime Hotarubi no Mori e hanya berfokus pada Hotaru dan Gin saja. Namun, alur ceritanya, dialognya, dan penggambarannya, ngena banget ke dalam hati. Cerita yang simple tapi bisa meninggalkan bekas yang susah dihilangkan, itulah keunikan anime ini.

Dari awal hingga akhir episode, kita akan dibawa ke dalam dunia Hotaru dan Gin hingga mengikuti perjalanan cintanya. Mereka mengajak kita untuk merasakan apa yang mereka rasakan. Sampai timbul perasaan pada diri kita, Gin dan Hotaru jangan sampai terpisahkan. 

Pendekatan Gin dan Hotaru dibangun dengan pelan tapi pasti. Dari awal pertemuan mereka ketika Hotaru berusia enam tahun sampai ia menginjak SMA, digambarkan dengan sangat manis ditambah dengan dialog yang penuh makna. Penggambaran dua insan yang saling merindukan dan dilema itu bisa tersampaikan ke diri kita dengan baik. Aku tahu sebenarnya Gin dan Hotaru sangat ingin menyentuh satu sama lain. Bahkan agar terlihat seperti bergandengan tangan, kayu atau kain dijadikan penghubung di antara mereka. So sweet banget pokoknya.

Diketahui kenapa Gin tidak boleh bersentuhan dengan manusia karena dia sudah dimantrai oleh dewa gunung yang menyelamatkannya. Ketika Gin masih bayi, ia dibuang oleh orang tuanya ke hutan. Dewa gunung menolong Gin agar bisa hidup, dan sebagai gantinya ia tidak boleh bersentuhan dengan manusia.

Ending yang Di luar Dugaan

Hotarubi no Mori e mempunyai ending yang cukup tidak terduga. Apa yang sudah Hotaru dan Gin jaga selama ini seakan direnggut darinya hanya karena hal sepele. 

Saat itu sedang diadakan festival di hutan tempat Gin tinggal. Gin mengajak Hotaru untuk pergi melihat festival. Gin memastikan mereka sedang berkencan. Sepanjang malam mereka habiskan dengan bersenang-senang. Gin menyampaikan perasaannya setelah itu. Dan mencium Hotaru lewat topeng rubahnya. Namun naas bagi Gin, tiba-tiba datang anak kecil berlarian. Salah satunya tersandung dan hampir terjatuh namun, ditolong oleh Gin. Beberapa saat kemudian barulah ia sadar bahwa yang ditolongnya adalah manusia. Tak lama setelah itu, tubuhnya mengeluarkan cahaya dan mulai menguap.

Gin merentangkan tangannya dan berkata :

" Kemarilah Hotaru ... 

aku akhirnya bisa menyentuhmu ...  "


Hotarubi no Mori e
Cr. Brain Base


Hotaru dengan perasaan hancur memeluk Gin dengan erat sampai tubuh Gin menghilang dan hanya menyisakan baju yang pernah ia kenakan. 

Jika mengingat adegan itu, sungguh menyakitkan dan menyayangkan. Kenapa harus ada anak kecil itu. Sakiitttttt banget. 


Hotarubi no Mori e
Cr. Brain Base


Hotarubi no Mori e, Kisah Sederhana Penuh Makna

Alur cerita anime ini sangat sederhana dan gampang dimengerti namun, penuh dengan makna. 

Kisah Hotaru dan Gin mengajarkan kita bahwa cinta dan persahabatan yang tulus tidak akan memandang siapakah orang itu. 

Dari Hotaru kita bisa belajar, kehilangan bukan berarti kita harus terpuruk. Hidup harus tetap dijalani. Biarlah Gin menjadi kenangan indahnya yang tidak akan dilupakan sampai kapanpun. 


Sampai jumpa di post selanjutnya ya... 



















Maya
Maya Hanya manusia biasa yang suka baca, nulis, dan nonton plus rebahan. Udah itu saja.

Posting Komentar untuk "[ REVIEW ] Hotarubi no Mori e ' Kisah Penuh Haru Hotaru dan Gin ' Siapkan Tisu..."