Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sinopsis dan Ulasan ' LOOKISM ' ; Kisah Hyung Seok, Berkepribadian Ganda dengan Mirisnya Perundungan

Lookism
Cr. Netflix


Anak Kpop pasti sudah tau donk animasi buatan Korea Selatan yang sedang populer saat ini yang berjudul Lookism. Kenapa nich disandingkan dengan Kpopers ? Karena soundtrack pembuka animasi ini yang berjudul ' Like That ' dibawakan oleh ATEEZ, boyband asal negeri ginseng yang lumayan sering jadi perbincangan akhir-akhir ini dikalangan Kpop lovers. 

Jujur saja, aku belum pernah nonton animasi buatan Korea sebelumnya. Lookism merupakan animasi Korea pertama yang pernah aku tonton. Lookism mencuri perhatianku karena sering muncul di beranda Netflix. Karena penasaran, aku habiskan episode pertamanya dengan perasaaan sedikit berbeda. Mungkin karena aku terlalu sering nonton anime dan donghua, untuk beradaptasi agar bisa menikmati animasi Lookism ini agak butuh waktu. Perasaan ini sama ketika pertama kalinya aku nonton animasi China. Tapi seiring berjalannya waktu, baik itu animasi Jepang, China, bahkan Korea-pun bisa aku lahap habis.

Lookism di adaptasi dari Webtoon dengan judul yang sama karya Webtoonist Park Tae-Joon dan dinaungi studio pembuat animasi Korea, Studio MIR. Jadi jangan heran jika nonton animasi ini kita seperti melihat gambar-gambar Webtoon yang bergerak-gerak. Mungkin memang begitu konsepnya untuk tidak menghilangkan keasliannya. 

Mari kita bahas lebih jauh mengenai animasi Lookism ini !

Sinopsis Lookism

Park Hyung Seok adalah siswa SMA yang sepanjang hidupnya penuh dengan kemalangan. Karena standar kecantikan di Korea yang sangat tinggi, bentuk tubuh dan wajah yang dia miliki sangat jauh dari kata ideal. Memiliki badan gempal, kurang tinggi, wajah kurang menarik dengan mimik muka yang memelas, tak jarang membuat Hyung Seok menjadi target manis untuk para pelaku perundungan. 

Saking sudah muak dengan hidupnya yang penuh tekanan, Hyung Seok meminta agar pindah sekolah kepada sang ibu tanpa memberitahu alasannya. Sebelumnya, ibunya tidak mengetahui tentang perundungan yang dialami anaknya itu. Setelah melihat dengan mata kepalanya sendiri, barulah ibunya tau tentang apa yang terjadi kepada putra semata wayangnya selama ini. Akhirnya Hyung Seok dipindahkan ke sekolah dan tempat tinggal baru walaupun tanpa sang ibu.

Kesan pertama di tempat baru tidak jauh beda dengan tempat sebelumnya. Bahkan belum juga memasuki lingkungan sekolah, Hyung Seok sudah terlibat perseteruan dengan Lee Jing Sung yang berakhir dengan dipermalukannya dia di sosial media. 

Perundungan dan kehidupan pahit yang di alami Hyung Seok seperti sudah menjadi makanan sehari-hari buat dia. Hingga pada suatu hari dia terbangun di tubuh baru dengan wajah yang sangat rupawan bak idol Korea. Melihat dirinya yang kini berada di tubuh pria tampan  bertubuh tinggi atletis, bersuara merdu, pokoknya hampir sempurna membuat Hyung Seok kaget tidak percaya. Namun dari sinilah babak baru kehidupan Hyung Seok di mulai. 

Hyung Soek memilih tinggal di tubuh barunya itu selama berada di lingkungan sekolah. Dia mendapatkan perlakuan 360 derajat berbeda daripada ketika dia berada di tubuh gempalnya. Dengan wajahnya yang bak idol, Hyung Seok sudah menjadi primadona sejak pertama kali menginjakan kaki di sekolah tersebut. Namun, semuanya tampak seperti mimpi indah sementara buat Hyung Seok. Karena kenyataannya Hyung Seok asli dan clone-nya hanya bertukar tubuh pada saat salah satunya tertidur pulas.

Ada salah satu fakta yang dia dapatkan di sekolah baru itu. Kenyataan bahwa Lee Jing Sung yang pernah membully-nya ternyata teman sekelasnya di kelas mode.

Lalu bagaimana kehidupan Hyung Seok di dalam tubuh barunya itu ? Apa saja konflik yang akan terjadi dalam anime Lookism ini ? Akankah Hyung Seok mendapatkan teman sejati yang dapat menerima dia apa adanya ? 

Bagi yang membutuhkan spoiler, silahkan lanjut ke part ulasan animasi ini. 

Mari merapat !

Warning Spoiler !!!

Ulasan/Review Lookism

Lookism dirilis pada Desember 2022 dan baru memasuki season pertama yang yang berakhir di episode ke-delapan. Aku menghabiskan Lookism ini dalam waktu 3 hari, walaupun setiap episode hanya berkisar 30 menit saja. Bukan berarti aku tidak suka. Sekali lagi, aku harus beradaptasi dengan grafik animasi ini.  Ditambah lagi cerita yang diangkat adalah cerita yang sering aku hindari selama ini, pem-bully-an. Sebagai catatan, ketika nonton Lookism aku belum pernah baca versi webtoon-nya.

Perundungan atau pem-bully-an menjadi tema utama dalam anime Lookism. Tema yang membuat Lookism cocok untuk ditonton penonton dewasa karena di dalamnya banyak adegan kejam pelaku perundungan baik di dunia nyata maupun dunia maya. Sepanjang film berlangsung, aku merasa kasihan kepada tokoh utamanya-Hyung Seok, yang sama sekali takluk sampai tidak bisa  melakukan perlawanan sedikit-pun pada pelaku perundungan. Intinya, dijadikan apapun dia mau. Bahkan sampai direndahkan derajatnya melebihi binatang dan kotoran-pun dia manggut-manggut aja.

Alur cerita yang dibawakan animasi Lookism ini sangat mengalir dan mudah dipahami. Kita akan di ajak untuk merasakan apa yang dirasakan oleh korban perundungan dan itu sangat menyakitkan. Apalagi bagi temen-temen yang pernah dirundung orang lain hingga menimbulkan trauma. Aku tahu rasanya karena pernah jadi korban juga 🥲

Menjadi diri sendiri itu penting. Tapi aku tidak menyalahkan Hyung Seok yang lebih memilih pergi ke sekolah dengan tubuh rupawannya. Aku bisa memaklumi keadaan Hyung Seok. Biarkan dia merasakan kebahagian dihidupnya walau hanya sebentar.

Ada satu hal yang mengganjal yang belum aku cari tahu jawabannya. Mungkin di webtoon ada. Bagaimana bisa tiba-tiba Hyung Seok bangun dalam tubuh lain sedangkan tubuh itu tepat berada disampingnya. Di anime ini tidak dijelaskan secara gamblang kenapa hal itu bisa terjadi.

Hyung Seok merupakan sosok yang penuh semangat dan pekerja keras. Sepulang dari sekolah dia bekerja sambilan di sebuah swalayan kecil. Walaupun ada drama ketika melamar pekerjaan itu. Tapi dia bisa memanfaatkan ketampanannya untuk mengambil hati sang pemilik toko yang awalnya mengira Hyung Seok tampan yang akan jadi penjaga toko. Pada kenyataannya Hyung Seok tampan hanya merekomendasikan temannya yang tidak lain Hyung Seok asli untuk menjaga tokonya. Tapi pada akhirnya sang pemilik toko-pun setuju. Hanya ketika menjaga toko itulah Hyung Seok memilih bekerja dalam wujud aslinya.

Di sekolah barunya Hyung Seok bertemu dengan teman baru yang karakternya berbeda-beda. Di antaranya ada Lee Jin Sung, Basco, Kim Mi Jin, Park Na Heul, Hong Jae Yoel dan Park Ji Ho. Walaupun sempat terjadi konflik, namun Hyung Seok akhirnya bisa berteman dengan mereka. Seperti apa karakter-karakter di dalam anime Lookism ini ? Akan aku bahas dibeda post ya...

Ada satu fakta yang dia ketahui ketika berada disekolah itu. Ternyata tidak hanya dia saja yang menjadi korban perundungan. Maka dari itu dia tidak segan untuk berteman dengan orang-orang yang sering menjadi korban perundungan, salah satunya Duk Hwa.

Bersama Duk Hwa, Hyung Seok mengejar mimpinya menjadi penyanyi. Begitupun dengan Duk Hwa yang bercita-cita menjadi seorang rapper. Mereka mengikuti lomba disalah satu festival sekolah dengan hasil menjadi juara namun Duk Hwa tidak mendapatkan keadilan karena bentuk tubuhnya. 

Miris sekali memang apa yang di alami Hyung Seok, Duk Hwa dan semua korban bullying. Dan aku yakin di dunia nyata kejadian perundungan seperti film ini, itu ada. Cuma para korban biasanya akan menutupi kejadian itu untuk meminimalisir perundungan yang akan terjadi berikutnya. Sama persis seperti yang dilakukan Hyung Seok.

Lookism membuka mata kita bahwa benar adanya keadilan sosial hanya untuk orang yang good looking karena terlalu tingginya standar kecantikan akhir-akhir ini. Jadi, sebaik apapun kemampuan seseorang dalam berkarya jika tidak di imbangi dengan wajah memadai, akan perlu waktu lama untuk orang lain menghargainya, atau bahkan tidak sama sekali. Berbeda hal-nya dengan orang yang cantik atau tampan rupawan, tanpa melakukan apapun dia sudah dipastikan mendapat perlakukan istimewa dimanapun dia berada. Dunia memang kejam, tapi itulah kenyataannya bahwa masih banyak orang yang memandang fisik semata tanpa melihat sisi baik lainnya.

Namun, sama hal-nya dengan adanya siang dan malam. Tidak semuanya orang disekitar Hyung Seok itu kejam. Banyak juga orang yang peduli terhadap Hyung Seok. Sebut saja Basco. Walaupun bertampang sangar tapi aslinya Basco berhati lembut dan menjadi sosok yang selalu berusaha melindungi orang-orang yang jadi korban bullying. 

Jangan lupakan sosok yang paling aku kagumi dalam anime ini, adalah ibu Hyung Seok. Seorang ibu rela melakukan apa saja demi kebahagiaan sang anak. Walaupun terkadang seorang anak salah paham dengan perhatian dan kasih sayang ibunya.

Ibu Hyung Seok digambarkan sebagai wanita yang sudah berumur namun cukup kuat untuk membiayai hidup dia dan anaknya. Perlindungan, pengorbanan, perjuangan keras seorang ibu digambarkan secara gamblang di animasi ini. Yang membuat aku semakin cinta pada ibu 🥲

Film ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang sedang mencari film untuk motivasi hidup. Dengan rating Imdb 7.6 dan myanimelist 7.9, Lookism tidak akan mengecewakanmu. Tontonlah Lookism di platform resminya, Netlflix. 

Lookism ditutup dengan ending menggantung yang memungkinkan adanya season 2 nanti. 

Aduh sudah cukup panjang lebar aku membahas Lookism. Pelajaran yang dapat dipetik dalam film ini banyak sekali. Apapun bentuknya, perundungan itu sangat membahayakan. Jangan sampai kalian jadi salah satu pelakunya, karena dampaknya akan berakibat fatal terutama untuk korban yang tidak bisa mengendalikan dirinya. Dan untuk kalian yang pernah jadi atau sedang di bully, jangan sampai perundungan itu memperngaruhi semangatmu untuk tetap hidup. Tidak sedikit orang mencapai kesuksesan karena awalnya selalu diremehkan atau direndahkan orang lain. Dan jangan lupa selalu menghormati dan menyayangi ibumu sebagaimana dia menyayangimu.

SEMANGAT !!!




















 













 
Maya
Maya Hanya manusia biasa yang suka baca, nulis, dan nonton plus rebahan. Udah itu saja.

Posting Komentar untuk "Sinopsis dan Ulasan ' LOOKISM ' ; Kisah Hyung Seok, Berkepribadian Ganda dengan Mirisnya Perundungan "